Segala puji bagi Allah SWT yang telah mengajarkan manusia berbagai ilmu pengetahuan yang tidak ada habisnya. Shalawat serta salam tercurah kepada baginda Rasulullah Muhammad SAW.

Produk jasa bagi bank merupakan salah satu kegiatan sangat penting. Dengan adanya produk jasa ini, manfaat yang diperoleh oleh bank berupa tambahan pendapatan (fee based income) yang bukan dari penyaluran dana/pembiayaan, melainkan dari kegiatan pemberian pelayanan/jasa bagi kebutuhan nasabah.

Kegiatan jasa ini bagi bank akan memiliki implikasi pada peningkatan ROA (Return on Asset) dan ROE (Return on Equity). Hal ini mengingat pendapatan (return) yang diperoleh bank jumlahnya meningkat, sementara jumlah asetnya tetap maka ROA bank menjadi naik.

Kegiatan jasa yang diberikan oleh bank termasuk bank syariah cukup beragam antara lain sebagai berikut :

  1. Kiriman Uang atau Transfer;
  2. Inkaso;
  3. Kliring;
  4. Bank Garansi Syariah
  5. Letter of Credit Syariah atau Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri.
  6. Syariah Card/Kartu Plastik
  7. Penukaran Valuta asing (Foreign Exchange)
  8. Gadai Syariah
  9. Aktivitas dalam rangka menunjang kegiatan pasar modal (kustodian, wali amanat, penjamin emisi efek).
  10. Aktivitas dalam rangka menunjang kegiatan pasar uang (SBIS, SIMA, FJPS, FLIS, FASBIS).

Buku ini membahas topik-topik di atas dengan pendekatan pemahaman secara umum terhadap masing-masing transaksi secara konvensional, kemudian dijelaskan uraian dari aspek prinsip syariahnya.

Buku ini bermula dari sebagian tulisan-tulisan penulis sebagai bahan ajar untuk mata kuliah Produk dan Akad Perbankan Syariah di Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah  Jakarta. Mengingat kebutuhan perlunya ada buku pegangan mahasiswa untuk mata kuliah tersebut, akhirnya pada awal tahun 2015 dijadikan buku dengan judul “Produk-Produk Jasa Bank Syariah”.

Mudah-mudahan Buku ini dapat memberikan informasi bagi para mahasiswa khususnya dan masyarakat luas yang berminat mengenal dan memahami konsep akad dan produk pendanaan bank syariah.

 

Selengkapnya