Perekonomian dengan menggunakan sistem syariah di Indonesia dalam dua dasawarsa terakhir menunjukkan perkembangan yang cukup pesat. Perkembangan tersebut selain karena semakin meningkatnya kesadaran umat Islam Indonesia untuk menerapkan ajaran agamanya dalam bidang ekonomi, juga disebabkan semakin meluasnya kesadaran masyarakat tentang kelemahan dari sistem ekonomi kapitalis, karena semakin menunjukkan ketidakadilan dan kesenjangan yang semakin lebar.

Kesadaran umat Islam di Indonesia akan pentingnya penerapan sistem ekonomi syariah dalam kehidupan keseharian sebenarnya telah menancap jauh sebelum ekonomi syariah menjadi wacana umum. Umat Islam di Indonesia juga telah lama memiliki kesadaran akan pentingnya keberadaan infrastruktur yang bisa menunjang pelaksanaan penerapan sistem perekonomian Islam baik berupa peraturan perundang-undangan maupun adanya lembaga keuangan yang berbasis syariah. Kesadaran ini bisa dilihat setidaknya dari keputusan-keputusan dan rekomendasi yang dikeluarkan oleh berbagai organisasi masyarakat (ormas) Islam di Indonesia, Kesadaran dan keinginan umat Islam tinggalah hanya keinginan sampai pada awal tahun 1990-an. Majelis Ulama Indonesia (MUI) bersama komponen umat Islam lainnya melakukan langkah pro-aktif merespon dan melakukan serangkaian penjajakan untuk merealisasikan keinginan umat Islam tersebut. MUI pada tanggal 18-20 Agustus 1990 menyelenggarakan lokakarya bunga bank dan perbankan di Cisarua Bogor Jawa Barat.

Hasil lokakarya tersebut dibahas lebih mendalam pada musyawarah nasional ke-4 MUI pada tanggal 22-25 Agustus 1990. Berdasarkan amanat munas ke-4 MUI tersebut dibentuk kelompok kerja untuk mendirikan Bank Islam di Indonesia. Kelompok kerja yang disebut tim perbankan MUI bertugas melakukan pendekatan dan konsultasi dengan semua pihak terkait. Mereka juga menyelenggarakan pelatihan calon-calon staff melalui management development program (MDP). Akhirnya pada tanggal 1 November 1991 ditanda tangani akta pendirian bank yang menggunakan sistem non-bunga atau tanpa bunga pertama di Indonesia yaitu PT. Bank Muamalat Indonesia. sekalipun pada waktu itu belum ada respon positif untuk mewujudkannya.

Selengkapnya